Cara Unik Membersihkan Patung Pancoran dengan Jeruk Nipis

Akhirnya setelah sekian lama yang salah satu situs sejarah Indonesia di Jakarta yaitu Patung Dirgantara yang lebih dikenal dengan Patung Pancoran yang memiliki 7 Fakta Misteri dibersihkan oleh pihak oleh Balai Konservasi DKI Jakarta.
Tahapan Pembersihan Patung Pancoran
Pembersihan Patung Pancoran dengan Jeruk Nipis (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Uniknya tahapan pertama pembersihan Patung Pancoran ini yang terbuat dari bahan perunggu ini berbobot 11 ton (terbagi dalam potongan-potongan yang masing-masing beratnya 1 ton) dan tinggi 11 meter. Sementara tinggi voetstuk (kaki patung) 27 meter dibersihkan dengan  Jeruk Nipis.

Informasi dari Pengawas pelaksanaan kegiatan konservasi Patung Dirgantara mengakui supaya bersihnya tuntas, ternyata Patung Pancoran dimandikan pakai jeruk nipis. Patung Pancoran menggunakan bahan perunggu, dan ternyata yang paling efektif untuk membersihkannya, ya jeruk nipis. Sebanyak 25-30 kg jeruk nipis akan diblender dan dibalurin ke tubuh patung Pancoran.
Patung Pancoran aka. Patung Dirgantara Rancangan Edhi Sunarso

Pembersihan Patung Pancoran hasil Rancangan Edhi Sunarso pada sekitar 1964-1965 tidak hanya selain dimandikan jeruk nipis, pembersihan Patung Pancoran harus melalui 4 tahapan termasuk menggunakan bahan kimia alkali gliserol agar pembersihannya lebih maksimal.
Suka artikel ini ?

About Berita Portal Unik

Admin Blog